Rabu, 16 November 2011

ILMU BUDAYA DASAR

Ilmu Budaya dasar yaitu berasal bahasa basic humanitiest  suatu kegiatan atau tradisi-tradisi yang telah dibangun ataupun telah ada sejak terdahulu. Dilihat dari sudut pandang tertentu budaya  adalah pertunjukan seni yang ditampilkan secara tradisional. Dilihat dari aspek atau pengaruh ilmu budaya dasar cukup sangat berpengaruh terhadap kehidupan sosial masyarakat. banyak tokoh yang mendalami ilmu budaya sampai saat ini
Berbicara tentang budaya atau kebudayaan  kita tahu kebudayaan – kebudayaan  sangat banyak dan beragam . Budaya sampai saat ini masih dipertahankan dan ada juga yang di akui oleh Negara . contohnya kebudayaan - kebudayaan di Indonesia yang akan kaya dengan budayanya.
Karena alasan tersebut itulah,maka dalam mengelola atau mengeksplorasi berbagai kekayaan budaya,kita memerlukan suatu ilmu yang mempelajarinya.Tujuan dari mempelajari ilmu inipun jelas yaitu agar kita sebagai generasi muda penerus bangsa mulai peka dan peduli dengan berbagai budaya asli kita yang sebenarnya sangat menarik mulai dari ciri khas kuliner setempat,ciri khas tariannya bahkan bahasanya,serta karakterisitik manusia dari setiap daerah yang mempunyai kebudayaan tersebut.

Tidaklah heran mengapa generasi muda penerus bangsa seperti kita tidak mengenal budaya asli kita sendiri,karena selama ini kita selalu disuguhi dengan berbagai kebudayaan dari luar yang dianggap lebih menarik dari kebudayaan yang kita miliki sendiri. Padahal sebenarnya ini hanya merupakan kebiasaan,kebiasaan kita untuk terus terlena menikmati kebudayaan luar yang terlihat lebih modern dan agar tidak dianggap tertinggal oleh zaman jika tidak mengikuti kebudayaan dari luar tersebut.
Tidak salah juga bila kita mengikuti perkembangan kebudayaan luar yang masuk,tetapi janganlah lupa bahwa kita sebenarnya menyimpan lebih banyak kekayaan budaya daripada mereka.Bahkan tarian,kuliner yang sudah saya sebutkan diatas tadi sudah banyak dikenal dan disukai oleh para wisatawan asing dan banyak yang akhirnya membawa kekayaan budaya kita tersebut ke luar negeri.Jadi sebenarnya tidak ada alasan untuk kita tidak mencintai kebudayaan bangsa kita sendiri.

Negara kita yang terbentang luas dari Pulau Sabang di sebelah barat sampai Pulau Merauke di ujung Timur sana pastinya akan menimbulkan perbedaan karakteristik yang disebabkan oleh perbedaan latar belakang,serta dari karakteristik daerahnya.
Dari perbedaan karakteristik setiap daerah itu pulalah yang menyebabkan timbulnya interaksi yang beragam yang selama ini biasanya kita pelajari di dalam Ilmu Pengetahuan Sosial(IPS),tetapi didalam Ilmu ini tidak hanya mempelajari interaksinya saja,tetapi juga mempelajari dasar atau alasan mengapa interaksi itu bisa terjadi.
Interaksi dari berbagai individu dengan individu,individu dengan kelompok dan juga kelompok dengan kelompok mungkin selain menimbulkan interaksi yang baik diantaranya,pastinya juga akan menimbulkan berbagai konflik yang disebabkan oleh perbedaan karakteristik itu sendiri.
Untuk itu di dalam ilmu ini,selain kita mempelajari tentang bagaimana menyelesaikan suatu konflik itu sendiri,kita juga akan mempelajari dasar mengapa konflik tersebut bisa terjadi,sehingga dalam penyelesaiannya pun dapat dengan mudah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar