Sabtu, 19 November 2011

KEKAYAAN ALAM INDONESIAKU

Indonesia,itulah nama Negara tempat kita tinggal.Bumi pertiwi yang kaya akan berbagai kekayaan alamnya.Kekayaan alam yang begitu berlimpah dengan hasil alamnya yang senantiasa memakmurkan warga Negara yang tinggal di dalamnya.Bahkan sebenarnya dunia pun sudah mengakui kekayaan alam Indonesia yang begitu indah dan begitu berlimpah.Kekayaan alam ini pulalah yang sebenarnya harus kita syukuri uan kita akan kekayaan Negara sudah kita gunakan tidak rusak dan senantiasa terus menampilkan keindahan dan kekayaannnya.
            Jadi sebenarnya tidak ada alasan lagi bagi kita untuk tidak bangga dengan kekayaan alam Negara kita ini.Alasan mengapa hal tersebut bisa terjadi karena kita sebagai generasi muda penerus bangsa belum mengenal kekayaan alam Negara kita sendiri yang sebenarnya sangat bisa menarik para wisatawan untuk datang berkunjung dan menikmati keindahannya. Selama ini kita terlalu terpaku mengagumi kekayaan alam Negara lain dalam rangka memilih tempat yang indah berlibur.
            Sejak adanya program kunjungan  Visit Indonesia Year sejak tahun 2008 sebenarnya sudah cukup membuktikan bahwa Indonesia memang layak untuk dibanggakan dalam hal kekayaan alamnya sebagai daya tarik untuk wisatawan.Bahkan sejak tahun 2009,beberapa daerah turut aktif berpartisipasi dan mulai menunjukkan kekayaan alam daerahnya seperti Lampung (Visit Lampung Year 2009), dan Kalimantan Selatan (Visit South Kalimantan Year 2009).

Tahun 2010, setidaknya juga ada tiga daerah menggelarnya yakni Bangka Belitung (Visit Bangka Belitung Year 2010), Batam (Visit Batam Year 2010), dan Kalimantan Barat (Visit West Kalimantan Year 2010).
Kemudian untuk tahun 2011 ini, ada setidaknya lima daerah yakni:
 Kota Banda Aceh (Visit Banda Aceh Year 2011), Provinsi Jambi (Visit Jambi Year 2011) setelah ada penundaan untuk tahun 2009), Kabupaten Bogor (Visit Bogor Year 2011), Provinsi Jawa Timur (Visit East Java 2011), Kota Makassar (Visit Makassar Year 2011), dan Provinsi Kalimantan Timur (Visit East Kalimantan Year 2011).

Berikut beberapa lokasi yang keindahannya tidak kalah dengan keindahan alam di luar negri kita tercinta ini yang sangat berpotensi untuk dikunjungi para wisatawan baik local maupun asing yang mencintai keindahan alamnya :
1. Carstensz Pyramid, terletak di propinsi Papua merupakan bagian dari Seven Summit di 7 benua dunia. Carstensz Pyramid merupakan puncak tertinggi di Indonesia yang puncaknya diselimuti salju abadi.
2. Hutan Kalimantan, memiliki hutan hujan tropis.Memiliki banyak kesamaaan dengan hutan Amazon yaitu meiliki ikl cirri khas lahan basah dengan berbagai fauna langka yang hanya bisa ditemukan di hutan Amazon dan hutan Kalimantan.Sungai-sungai yang berada di sana juga turut mrnambah kemiripan kedua hutan ini.

3. Gunung Pasir Parangkusumo, terletak di Yogyakarta.Terdapat banyak gundukan-gundukan pasir sepanjang pantai Yogyakarta sampai Sungai Opak. Gundukan-gundukan pasir unik yang satu-satunya di Asia Tenggara inilah yang menjadikannya sangat mirip dengan Gurun Sahara.
4. Taman Nasional Baluran yang terletak di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur ini menyimpan berbagai fauna liar yang hidup secara bebas. Dilihat dari banyaknya satwa liat yang hidup secara bebas inilah yang menyebabkan taman nasional ini dijuluki sebagai “Afrika” Indonesia karena sangat mirip dengan Savana di Afrika sana lengkap dengan hamparan rumput yang luas itu.
Demikian beberapa tempat di Negara kita tercinta ini yang selain mamiliki pemandangan indah yang tidak kalah dengan keindahan alam di luar negeri sana juga sangat kaya dengan keunikan-keunikan yang menjadi cirri khas daerahnya.Semoga dengan tulisan ini dapat menggugah hati kita semua agar kita semua dapat mencintai kekayaan alam kita sendiri dan menjadikannya tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi para wisatawan.Tidak lupa,kita juga harus  merawat kekayaan alam tersebut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar