Minggu, 28 April 2013

Keanekaragaman Bangsa Indonesia dan Potensi Ponflik


BAB 1
Pendahuluan

        Indonesia adalah negara maritim yang memiliki pulau hingga 17.500 pulau dari sabang sampai marouke. Negara yang kaya akan sumber daya alam dan memiliki keberagaman suku, agama, bahasa dan budaya. dimana setiap suku memiliki kebudayaan yang berbeda beda. NamunIndonesia juga negara yang memiliki potensi konflik yang tinggi.
Konflik adalah berasal dari kata (configure ) yaitu saling memukul . suatu proses social yang berusaha saling bersaing dan saling menyingkirkan pihak lawan atau pihak lain. Sering kali suatu konflik terjadi karena perbedaan ciri-ciri yang dibawa oleh individu yang terlibat dalam suatu interaksi. Konflik social dibagi menjadi 2 yaitu:
1.    Sudut pandang yang anggap selalu ada.
2.    Suatu pertikaian yang terbuku seperti perang, pemogokan dll.
Bentuk konflik menurut Lewis A.coser
  •      Konflik realistis yaitu konflik yang berasal dari kekecewaan individu atau kelompok terhadap sistem dari tuntunan yang terdapat dalam hubungan social, misalnya ada pemogokan buruh dengan majukannya.
  •      Konflik non realistis yaitu konflik yang berasal dari tujuan tujuan persaingan yang antagonis melainkan kebutuhan dari pihak pihak tertentu untuk meredakan tegangan , misalnya mencari kambing hitam yang sering terjadi dalam masyarakat atau balas dendam menggunakan ilmu ghoib.
Factor – factor yang  menyebabkan konflik :
1.    Perbedaan latar belakang kebudayaan
2.    Perbedaan individu
3.    Perbedaan kepentingan
4.    Perubahan nilai yang cepat

           
BAB II .
Pembahasan

Keanekaragaman Indonesia
Indonesai adalah Negara kepulauan terbesar didunia , banyak budaya dan bahasa yang ada dan tersebar luas dari sabang sampai marouke. Kepercayaan pun cukup beragam dari agama hindhu, islam, Kristen , katholik dll. Secara geografis Indonesia hampir seluruhnya dikelilingi oleh lautan .Semua itu didukung dengan sumber daya alam yang melimpah . Hal ini menunjukan bahwa Indonesia adalah Negara yang paling banyak perbedaan entah itu dari agama, budaya, suku, dan bahasa. meskipun Indonesia memiliki banyak perbedaan namun warga Negara atau bangsa harus tetap satu .hal ini dibuktikan oleh pemuda- pemuda Indonesia dengan dilakukannya hari sumpah pemuda dan hingga saat ini telah diakui dan dijadikan sebagai hari nasional .
Namun tidak semua sesuai dengan sejarah .masalah yang timbul dalam bangsa Indonesia saat ini berbanding terbalik dengan sejarahnya. Justru karena banyak perbedaan itu membuat banyak timbul berbagai jenis konflik yang terjadi . konflik dari segi agama, budaya, dan suku.
Berikut contoh atau kasus mengenai konflik di Indonesia.
Konflik antar suku di lampung , provinsi lampung memiliki keunikan sendiri. Karena lampung ada provinsi yang paling banyak ditempati berbagai jenis suku di antaranya berasal dari bali,Lombok, jawa,minang / padang batak , bugis dan Palembang. Jika dilihat kembali suku asli lampung lebih sedikit dari pada suku pendatang dan bahasa yang digunakan sehari haripun adalah bahasa Indonesia.
Tentu jika dilihat dari berbaurnya suku akan sangat mudah menimbulkan konflik yang cendrung lebih tinggi. Konflik terjadi baik antar suku lampung maupun antar suku lampung dengan suku pendatang.  suku yang paling sering berkonflik yaitu suku jawa, lampung dan bali .
Jika tinjau kembali orang lampung asli sanagat ramah dan terbuka kepada pendatang .Namun memang terkadang pendatang yang tidak dapat menghargai penduduk asli lampung. Konflik yang terjadi dilampung bukan bukan hal yang baru namun sudah lama terjadi .
Konflik – konflik yang terjadi biasanya di karenakan hal yang sepele atau kecil.Namun tidak sedikit yang tadinya konflik kecil tapi menjadi konflik yang besar bahkan sampai menjadi dendam.contohnya perang antar suku bali dengan suku asli lampung yang pada awalnya terjadi hanya karena pencurian ayam. Konflik ini bisa dikatakan konflik yang besar dan panjang di antara kedua suku. Karena seringnya konflik yang timbul .Karena seringnya konflik yang timbul tidak sedikit yang menjadi dendam yang berkepanjangan. Jadi konflik dilampung akan sangat sulit di hindari .karena sudah terjadi sejak lama bahkan sejak mereka remaja. 

BAB III
penutup

Kesimpulan

        Indonesia adalah negara maritim yang memiliki pulau hingga 17.500pulau dari sabang sampai marouke. Negara yang kaya akan sumber dayaalam dan memiliki keberagaman suku, agama, bahasa dan budaya. dimanasetiap suku memiliki kebudayaan yang berbeda beda.
    Lampung merupakan salah satu provinsi yang paling sering terjadi konflik. Konflik yang terjadi diakibatkan banyaknya perbedaan suku yang tinggal . konflik yang melibat suku antara bali,Lombok, jawa,minang / padang batak , bugis dan Palembang.konflik yang sering terjadi karena hal kecil namun bisa berubah menjadi besar. Dan konflik yang terjadi sejak dulu hingga sekarang. Dan menjadi dendam yang berkepanjangan.

Saran
 
      Bangsa indonesia harus menjaga sumber daya yang dimiliki dan harus menghargai perbedaan- perbedaan dan keragaman yang ada di indonesia.
    Dan konflik yang selalu timbul  Pemerintah harus  harus bisa mengatasi masalah konflik antar suku. Pemerintah harus berperan dan harus menjadi mediasi atau mediator sehingga konflik bisa di atasi.




Daftar pustaka


Tidak ada komentar:

Posting Komentar